Inilah Berbagai Penyebab Pingsan Part I


Penyebab Pingsan  - Pingsan adalah dimana seseorang yang kehilangan kesadarannya secara tiba-tiba dan sering menyebabkan orang terjatuh. Secara umum yang terjadi apabila pingsan pada umur dibawah 40 tahun apabila melebihi dari umur 40 tahun berarti memiliki kemungkinan penyakit yang serius.

Inilah Daftar Penyebab Pingsan

1. Pingsan biasa (simple fainting)
Kebanyakan orang yang cenderung untuk pingsan jenis ini biasanya dijumpai pada orang-orang yang keletihan atau orang-orang yang pergi tanpa makan pagi terlebih dahulu.

Tindakan pertolongannya :

Baringkan penderita di tempat yang teduh dan datar. Kalau mungkin dengan kepala diletakkan agak lebih rendah. Buka baju bagian atas, serta pakaian lain yang menekan leher. Bila penderita muntah, letakkan kepalanya dalam kedudukan miring untuk mencegah muntahan terselak ke paru – paru. Kompres kepalanya dengan air dingin


2. Pingsan karena panas (heat exhaustion)
Pingsan jenis ini kebanyakan menimpa orang-orang sehat yang bekerja di tempat yang panas, gejala yang di timbulkan biasanya mula-mula merasa jantung berdebar-debar, mual, muntah, sakit kepala dan pingsan.

Tindakan pertolongannya :

Lakukan tindakan pertolongan seperti saat pingsan biasa. Beri penderita minum air garam (0,1persen : 1 gram untuk satu liter air). Air garam tersebut diminumkan dalam keadaan dingin. Tindakan ini tentu saja dilakukan setelah penderita sadar kembali.

3. Pingsan karena sengatan terik (heat stroke)
Hampir sama seperti heat exhaustion , keadaan heat stroke lebih parah karena sengatan panas dalam waktu yang lama.

Tindakan pertolongannya :

Dinginkan tubuh penderita dengan membawanya ke tempat yang teduh, banyak angin (kalau perlu pakai kipas angin) dan kompres badannya dengan air es atau dingin. Usahakan penderita tidak menggigil, dengan jalan memijit – mijit kaki dan tangannya. Setelah suhu badannya menurun 38 derajat celcius, hentikan pengompresan dan kirim penderita ke rumah sakit. Penderita memerlukan perawatan di rumah sakit, karena penyembuhannya dapat memakan waktu lebih dari 1 hari.


4. Pingsan pada penderita kencing manis diabetes
Seseorang yang menderita kencing manis dapat pingsan dikarenakan :

     1. Penggunaan insulin yang berlebihan
Nampak lemah, lembab dan pucat. Tidak haus dan sangat lapar. Biasanya nafas tidak bau aseton, pernafasannya biasa saja.
     2. Kadar zat keton dalam darah sangat tingi
Nampak sangat sakit, kulit kering dan kemerahan. Merasa haus tidak merasa lapar, nafas bau aseton, dan nafas dalam dan cepat.


5. Pingsan karena keracunan
Gejala keracunan makanan bisa dimulai beberapa saat setelah makan hingga tiga hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Gejala yang umumnya terjadi antara lain:
     1. Merasa mual dan muntah-muntah.
     2. Mengalami diare.
     3. Sakit atau kram perut.
     4. Dan jika tidak di tangani segera dapat menimbulkan pingsan.


6. Pingsan karena mabuk minuman keras
Pingsan jenis ini biasanya terjadi pada orang yang baru pertama kali mengkonsumsi miras, atau bisa jadi karena konsumsi yang berlebihan.

Tindakan pertolongan :


Usahakan agar muntah. Pembilasan lambung dengan larutan soda kue (1 sendok teh dalam segelas air), setiap satu jam. Kopi pekat diminumkan atau dimasukkan lewat dubur. Pernafasan buatan dan selimuti tubuh penderita.

ini lah daftar Penyebab Pingsan | Part I

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Berbagai Penyebab Pingsan Part I"

Posting Komentar